Cookie

Khasiat dan manfaat buah jeruk bagi kesehatan dan kecantikan #1

Buah Jeruk via (http://2.wlimg.com)

HerbalHealthyID - Manfaat buah jeruk sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia, buah yang kaya vitamin C ini dapat membuat tubuh lebih sehat. Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang  dapat dengan mudah kita temui di pasar-pasar tradisional hingga swalayan.

Selain dikonsumsi langsung, buah jeruk juga sangat banyak diolah menjadi berbagai produk-produk. Hal Ini karena buah jeruk merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan, sehingga mudah untuk mendapatkannya. Jeruk juga menjadi buah yang banyak dikonsumsi di berbagai variasinya seperti jeruk nipis, lemon dan jeruk bali. Buah jeruk yang anda konsumsi saat ini pasti memiliki nutrisi sehat bagi kesehatan. Jeruk memiliki kandungan gizi sempurna sebagai buah yang memiliki nutrisi paling sehat dalam tubuh.

Kandungan Gizi Dalam Buah Jeruk

Jeruk memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat tinggi, tidak hanya vitamin C dalam 180 gr buah jeruk, juga terdapat nutrisi lainnya seperti :
  1. Protein
  2. Kalori
  3. Serat yang sangat tinggi.
Kandungan buah jeruk tidak hanya vitamin C saja, tetapi buah tersebut mengandung berbagai senyawa nutrisi lainnya yang menjadikan buah tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Yaitu :

Kandungan protein dan vitamin

Dalam buah jeruk mengandung setidaknya 3 % DV senyawa protein atau sekitar 1.7 gram. Selain itu kandungan vitaminnya juga cukup lengkap, mulai dari vitamin A, C, sampai dengan vitamin B12 pun ada dalam buah tersebut.

Karbohidrat dan lemak

Dalam buah jeruk terkandung karbohidrat sebesar 21.1 gram atau sekitar 7 % DV. Untuk kandungan lemak jahat dalam buah jeruk bisa dikatakan 0 %.

Mineral alami

Inilah kandungan buah jeruk yang sebenarnya. buah tersebut mengandung beragam mineral alami dan penting untuk mengoptimalkan kinerja tubuh dan metabolisme. Kandungan mineral tersebut antara lain seperti magnesium, potasium, kalsium, zinc, copper, dan masih banyak lagi.

Masing-masing kandungan nutrisi buah jeruk diatas memiliki manfaat yang berbeda-beda bagi kesehatan dan kecantikan tubuh kita. Apa sajakah manfaat buah jeruk untuk kesehatan dan kecantikan itu? simak informasi selengkapnya berikut ini.

Khasiat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Tubuh

Selain khasiatnya yang menakjubkan buah jeruk juga mampu mengobati berbagai macam penyakit. Sudah banyak riset yang dilakukkan oleh berbagai kalangan dari mahasiswa hingga para ahli kesehatan. simak informasi dibawah ini :

Mampu menurunkan resiko terkena stroke

Gejala Stroke via (http://www.cmhshealth.org)

Menurut American Heart Association, seseorang yang mengonsumsi buah jeruk (khusunya wanita) secara rutin, maka mereka memiliki resiko terkena penyakit stroke iskemik yang 19 % jauh lebih rendah dari pada seorang yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

Para peneliti tersebut juga menambahkan, buah jeruk mengandung berbagai macam mineral alami, mulai dari zat besi sampai dengan kalium yang sangat baik untuk menjaga sistem peredaran darah. sehingga jika dikonsumsi secara rutin, khasiat jeruk untuk cegah stroke cukup besar sekali.

Mampu menurunkan tekanan darah

Tekanan Darah via (https://rackcdn.com)

Apakah kamu mengalami hipertensi? Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang kamu alami dapat disebabkan karena adanya natrium berlebihan dalam tubuh. hal tersebut bersamaan dengan kurangnya kamu mendapatkan asupan mineral alami berupa kalium.

Menurut The National Health and Nutrition Examination Survey, kebanyakan penduduk di Amerika Serikat tidak memenuhi asupan kalium mereka sebesar 4700 mg. Akibatnya mereka banyak mengalami penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Buah jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung senyawa kalium cukup tinggi. kandungan senyawa kalium pada buah jeruk inilah yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Mampu mencegah kanker

Sel Kanker via (http://gallery.makassartrepang.com)

Menurut sebuah studi penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Epidemiology, buah jeruk mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan senyawa antioksidan dalam buah jeruk berupa vitamin C.

Selain bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh, kandungan vitamin tersebut juga dipercaya mampu menangkal radikal bebas penyebab kerusakan pada bagian sel ataupun jaringan tubuh. dimana kerusakan inilah yang menjadi awal munculnya penyakit kanker mematikan.

Mencegah penyakit jantung

Serangan Jantung via (http://pakistyles.com)

Kandungan serat, kolin, vitamin C, dan kalium menurut para ahli sangatlah baik untuk menjaga kesehatan organ jantung secara optimal dari berbagai macam kerusakan akibat radikal bebas. Peningkatan asupan kalium dalam tubuh sangatlah penting untuk menjaga kesehatan organ jantung, terlebih jika peningkatan kalium tersebut diikuti dengan menurunnya kadar natrium dalam tubuh.

Menurut Mark Houston, MD, MS, seorang profesor klinis dari kedokteran di Vanderbilt Medical School dan direktur Hipertensi Institute di Rumah Sakit St Thomas di Tennessee. Beliau mengungkapkan bahwa, dengan mengonsumsi 1 buah jeruk setiap hari, maka kita akan mendapatkan asupan kalium sebesar 4069 mg dan bahkan memiliki resiko jantung lebih rendah sebesar 49 % dari pada seseorang yang tidak mengonsumsi buah tersebut.

Jeruk mampu mencegah kerusakan pada kulit

Kulit Sehat via (http://barebeautyskin.com)

Kerusakan pada bagian kulit dapat dipicu dari radikal bebas, seperti sinar matahari, polusi udara, suara, dan masih banyak lagi. Untuk mencegah kerusakan, konsumsilah buah jeruk secara rutin setiap harinya.

Sebab, menurut para ahli kandungan buah jeruk yang kaya akan vitamin C berkhasiat untuk mencegah radikal bebas yang berbahaya tersebut secara lebih efektif. Bahkan beberapa ahli juga menambahkan, dengan konsumsi secara rutin, khasiat buah jeruk mencegah penuaan dini juga besar sekali.

Mampu mengoptimalkan alkali tubuh

Tubuh Bugar via (http://cdn2.tstatic.net)
Alkali tubuh merupakan sebuah proses penyeimbangan keasaman yang ada dalam tubuh. Meski buah jeruk memiliki rasa asam yang cukup tinggi, akan tetapi buah tersebut jika dikonsumsi dalam tubuh sebenarnya tidak menimbulkan gangguan pada keseimbangan zat asam. Malahan dalam
lambung kandungan asam tersebut berubah menjadi basa.

Selain itu, Badan Kesehatan Internasional (WHO) juga mengungkapkan bahwa jeruk mengandung senyawa mineral alkali yang cukup tinggi. kandungan senyawa alkali inilah yang menyebabkan manfaat buah jeruk bagi keasaman dalam tubuh sangatlah besar sekali.

Jeruk sumber karbohidrat dan kalori

Makanan Sumber Karbohidrat via (http://dailybrainstorms.com)

Mungkin Anda yang menghindari makanan berkarbohidrat dan berkalori tinggi agar tetap terlihat langsing. Akan tetapi mulai sekarang Anda tidak harus melakukan hal tersebut lagi. Karena walaupun buah jeruk mengandung karbohidrat dan kalori yang cukup besar, kandungan senyawa tersebut tidak akan membuat Anda mudah gemuk. Malahan, kandungan tersebut akan membuat tubuh Anda semakin berenergi secara optimal.

Tidak hanya sampai disitu saja, kandungan glikemik indeks yang dibawah 55, membuat khasiat jeruk bagi penderita diabetes cukup baik. sebab kadar GI yang rendah tersebut tidak akan menyebabkan obesitas (kegemukan) akibat gula meningkat.

Mampu meningkatkan sistem imun tubuh

Imun via (dream.co.id)

Seperti yang telah disampaikan diatas, jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan berupa vitamin C cukup tinggi. kandungan antioksidan inilah yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Tidak perlu Anda mengonsumsi produk multivitamin untuk mendapatkan vitamin C tersebut. karena dengan mengonsumsi minimal 1 buah jeruk saja sekitar 72 % kebutuhan akan vitamin C dapat terpenuhi secara lebih optimal.

Mampu mengoptimalkan kinerja otak

Otak Manusia via (http://cdn1.bostonmagazine.com)

Apakah Anda ingin pintar dan cerdas? Jika hal tersebut benar demikian, maka silahkan konsumsi minimal 1 buah jeruk setiap harinya.  karena buah jeruk mengandung asam folat dan vitamin B6 yang cukup tinggi.

Penelitian di Havard University membuktikan bahwa kandungan vitamin B6 dan asam folat cukup baik untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pusat (otak). Bahkan asam folat tersebut juga sangat baik untuk mengoptimalkan kinerja otak sejak manusia masih dalam kandungan ibu.

Diabetes gestasional merupakan salah satu jenis diabetes yang menyerang pada ibu-ibu hamil. Penyakit satu ini menyebabkan seorang ibu hamil mengalami peningkatan kadar gula dalam darah secara drastis. Akibatnya, janin lahir mengalami kelebihan berat. Seorang ibu yang melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 Kg, maka dia lebih beresiko terkena diabetes sebesar 7 kali lebih besar dari pada wanita umumnya.

Dengan kandungan indeks glikemik dan gula yang rendah, mengonsumsi buah jeruk secara rutin tidak akan membuat Anda mengalami diabetes. Bahkan kandungan serat yang tinggi malah akan membuat Anda terhindar dari penyakit diabetes tersebut.

Menjaga kesehatan organ ginjal

Nyeri Ginjal via (http://img1.beritasatu.com)
Manfaat buah jeruk selanjutnya berkaitan dengan organ ginjal. Kandungan kalium pada buah jeruk yang tinggi, dipercaya mampu melarutkan berbagai macam kotoran yang ada dalam tubuh dan ginjal. Dengan terlarutnya kotoran tersebut, maka ginjal secara otomatis akan lebih sehat dan optimal dalam menyaring darah ataupun kotoran. Maka dari itu jika Anda ingin terhindar dari batu ginjal, konsumsilah buah jeruk secara rutin setiap harinya.

Jeruk mampu menjaga mata tetap sehat

Mata Sehat via (http://www.sicilia.co.id)
Degenerasi makula pada bagian organ mata dapat Anda cegah dengan mengonsumsi buah jeruk secara rutin. Kandungan antioksidan dapat menangkal radikal bebas penyebab degenerasi makula tersebut. Selain kandungan antioksidan, vitamin A yang tinggi pada jeruk juga dipercaya mampu menjaga kesehatan mata dari berbagai serangan penyakit. Terutama bagi Anda yang sudah memasuki usia 40 tahun keatas.

Referensi : 
Cantikitu.Com
Manfaat.CO.ID

0 Response to "Khasiat dan manfaat buah jeruk bagi kesehatan dan kecantikan #1"

Posting Komentar

Statistik

Statistik

DMCA.com Protection Status
Flag Counter

Facebook Page

Health blog top sites
Health Blogs
Health Top Blogs RSS Search Top  blogs